Pelatihan dan Pendampingan Penerapan Metode Pembelajaran Differensiasi dalam Kurikulum Merdeka untuk Guru TK/RA di Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan Tahun 2024
DOI:
https://doi.org/10.0608/jjspez14Kata Kunci:
Kurikulum merdeka, metode pembelajaran differensiasi, pelatihan guruAbstrak
Penerapan Kurikulum Merdeka menuntut guru untuk mengadaptasi metode pembelajaran agar lebih sesuai dengan kebutuhan individual siswa. Metode pembelajaran differensiasi merupakan pendekatan yang efektif dalam mengakomodasi perbedaan kebutuhan dan kemampuan siswa. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru TK/RA di Kecamatan Nawangan dalam menerapkan metode pembelajaran differensiasi. Pelatihan dilakukan pada 18 Meidi TK Kembang Mas dengan melibatkan 25 guru. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi kelompok, dan praktik langsung. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan peserta mengenai penerapan metode pembelajaran differensiasi, yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Hanit Nugraini Kumalasari (Author)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.