Peran Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Pendidikan Pancasila

Penulis

  • Inatus Sholehah University of Kahuripan Kediri Penulis

DOI:

https://doi.org/10.1212/y1evz844

Kata Kunci:

Berpikir kritis , Motivasi belajar

Abstrak

Meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar bagi siswa sangat diperlukan. Dalam hal ini, guru memiliki peran yang sangat penting untuk menciptakan hal tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui, menggambarkan, serta mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar bagi siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMA Dharma Wanita 1 Pare (Boarding School). Peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis adalah dengan menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning), memberikan pertanyaan pemantik dan soal latihan. Adapun peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan melibatkan siswa selama proses pembelajaran, memberikan pujian/apresisasi, dan menggunakan PPT yang menarik.

Diterbitkan

2025-10-18

Cara Mengutip

Inatus Sholehah. (2025). Peran Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Pendidikan Pancasila. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 7(2). https://doi.org/10.1212/y1evz844