Peran Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Pendidikan Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.1212/y1evz844Keywords:
Berpikir kritis , Motivasi belajarAbstract
Meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar bagi siswa sangat diperlukan. Dalam hal ini, guru memiliki peran yang sangat penting untuk menciptakan hal tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui, menggambarkan, serta mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar bagi siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMA Dharma Wanita 1 Pare (Boarding School). Peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis adalah dengan menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning), memberikan pertanyaan pemantik dan soal latihan. Adapun peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan melibatkan siswa selama proses pembelajaran, memberikan pujian/apresisasi, dan menggunakan PPT yang menarik.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Inatus Sholehah (Penulis)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.