Peningkatan Kompetensi Guru Raudhatul Athfal melalui Pelatihan Pembelajaran Anak Usia Dini di Kecamatan Arjosari
DOI:
https://doi.org/10.2525/jpm.v2i1.97Kata Kunci:
Guru RA, pelatihan, modul ajar, kreativitas, pembelajaran AUD.Abstrak
Guru Raudhatul Athfal (RA) berperan penting dalam membentuk dasar perkembangan anak usia dini. Namun, banyak guru masih mengalami kesulitan dalam menyusun modul ajar kontekstual, memanfaatkan media sederhana, dan melakukan penilaian perkembangan anak. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Program Studi PIAUD STAI Al-Fattah Pacitan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat melaksanakan pelatihan peningkatan kompetensi guru RA di Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan pada 2–3 Mei 2025, diikuti oleh 14 guru dari tujuh lembaga RA. Kegiatan meliputi ceramah interaktif, diskusi, praktik langsung, simulasi pembelajaran, serta evaluasi melalui pre-test dan post-test. Hasil menunjukkan peningkatan rata-rata kompetensi sebesar 44,3%, dengan peningkatan tertinggi pada keterampilan membuat media dan instrumen observasi. Pelatihan ini terbukti efektif meningkatkan kompetensi pedagogik guru RA serta mendorong pembelajaran yang kreatif, kontekstual, dan berpusat pada anak.