Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Manajemen Referensi Mendeley untuk Penulisan Karya Ilmiah bagi Dosen STAI Al-Fattah Pacitan
DOI:
https://doi.org/10.0608/vs5agb92Keywords:
Mendeley; manajemen referensi; karya ilmiah; pelatihan dosenAbstract
Keterampilan menulis karya ilmiah yang sesuai standar sitasi menjadi tuntutan penting bagi dosen dalam rangka pelaksanaan tridarma perguruan tinggi. Namun, sebagian dosen STAI Al-Fattah Pacitan masih mengalami keterbatasan dalam memanfaatkan aplikasi manajemen referensi seperti Mendeley. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam menggunakan Mendeley guna mendukung penulisan karya ilmiah yang lebih efisien dan sesuai standar publikasi. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan berbasis praktik langsung (hands-on practice) selama dua hari. Evaluasi dilakukan melalui perbandingan skor pre-test dan post-test. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan, di mana rata-rata skor peserta meningkat dari 45,4 (kategori sedang) pada pre-test menjadi 83,8 (kategori sangat tinggi) pada post-test. Peserta mampu menguasai fitur Mendeley, mulai dari pengelolaan pustaka hingga integrasi sitasi sesuai gaya referensi jurnal. Kesimpulannya, pelatihan ini efektif meningkatkan keterampilan dosen dalam mengelola referensi ilmiah dan mendukung produktivitas publikasi. Kegiatan lanjutan direkomendasikan dalam bentuk pelatihan mendalam serta integrasi penggunaan Mendeley pada kebijakan akademik kampus untuk memperkuat budaya publikasi ilmiah di STAI Al-Fattah Pacitan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dodik Prasetyo (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.