Pendampingan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru MTs Pembangunan Kikil di Batu Malang
DOI:
https://doi.org/10.2525/jpm.v2i1.131Kata Kunci:
PKB, modul ajar, kurikulum merdeka belajar.Abstrak
Pelaksanaan Kurikulum Merdeka menuntut guru memiliki kompetensi dalam merancang perangkat ajar, khususnya Modul Ajar sebagai pengganti RPP Plus. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilaksanakan sebagai upaya penguatan sumber daya manusia dan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman serta keterampilan guru MTs Pembangunan Kikil dalam menyusun dokumen tersebut. PkM dilaksanakan melalui Workshop Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) tentang Penyusunan Modul Ajar pada tanggal 16–17 Januari 2025 di Villa Dahlia, Batu, Malang. Kegiatan ini melibatkan 44 peserta yang terdiri atas guru dan tenaga kependidikan. Metode workshop meliputi pemaparan materi tentang Filosofi Kurikulum Merdeka, Komponen Inti Modul Ajar, serta sesi praktik intensif yang mencakup analisis Capaian Pembelajaran (CP), perumusan Tujuan Pembelajaran (TP), dan penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Selain itu, peserta juga diarahkan untuk melakukan praktik mandiri dalam penyusunan draf Modul Ajar sesuai mata pelajaran masing-masing. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para guru telah memperoleh pemahaman yang lebih mendalam dan berhasil menyusun luaran berupa draf Modul Ajar. Capaian ini memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan keprofesian berkelanjutan guru dalam menghadapi implementasi Kurikulum Merdeka.