Pengenalan dan Pemahaman Bahasa Arab Secara Cepat di Lembaga Pendidikan Desa Sekar Kecamatan Donorojo Pacitan

Penulis

  • Joko Purwanto STAI Al-Fattah Pacitan, Indonesia
  • Ika Widyaningsih Mahasiswa STAI Al-Fattah Pacitan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.2525/jpm.v2i1.101

Kata Kunci:

Bahasa arab, lagu, lembaga pendidikan, kampung santri.

Abstrak

Bahasa Arab memiliki peran penting dalam pengembangan ilmu, budaya, dan agama Islam. Selain menjadi bahasa Al-Qur’an, bahasa Arab juga membuka peluang di berbagai bidang seperti pendidikan, diplomasi, bisnis, dan pariwisata. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengenalkan bahasa Arab secara cepat dan menyenangkan di lingkungan lembaga pendidikan dasar, khususnya SDN 2 Sekar dan TPA Al-Hikmah Desa Sekar. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif melalui lagu, permainan, dan tanya jawab interaktif. Materi meliputi pengenalan salam, angka 1–10, arah mata angin, dan kata tanya dalam bahasa Arab. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman kosa kata dasar serta motivasi belajar anak. Peserta antusias dan mampu menghafal materi dengan cepat. Kegiatan ini diharapkan menjadi langkah awal pembentukan Desa Sekar sebagai “Kampung Santri” yang berbudaya dan religius.

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-18

Cara Mengutip

Purwanto, J., & Widyaningsih, I. (2025). Pengenalan dan Pemahaman Bahasa Arab Secara Cepat di Lembaga Pendidikan Desa Sekar Kecamatan Donorojo Pacitan. Al-Fattah: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi , 2(1), 43–51. https://doi.org/10.2525/jpm.v2i1.101