Upaya Meningkatkan Keterampilan Sains melalui Media Majalah Dinding dan Eksperimen pada Anak Kelompok BTK Karya Sakti Gedangan Tegalombo Pacitan

Penulis

  • Sri Hastuti TK Karya Sakti Gedangan, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan Penulis

DOI:

https://doi.org/10.1515/z2trxt43

Kata Kunci:

Keterampilan sains, eksperimen, majalah dinding.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sains anak melalui media majalah dinding. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model Kemmis dan Mc. Taggart, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Karya Sakti Gedangan yang berjumlah 14 anak terdiri dari 5 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data mengggunakan deskripsif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari pra tindakan, siklus I serta siklus II. Sebelum tindakan diperoleh persentase keterampilan sains sebesar 42,85%, dari persentase tersebut telah meningkat pada siklus I sebesar 64,28%. Saat pelaksanaan siklus II meningkat sebanyak 85,71%.

Diterbitkan

2024-06-12

Cara Mengutip

Hastuti, S. (2024). Upaya Meningkatkan Keterampilan Sains melalui Media Majalah Dinding dan Eksperimen pada Anak Kelompok BTK Karya Sakti Gedangan Tegalombo Pacitan. JURNAL SENTRA: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 24-30. https://doi.org/10.1515/z2trxt43