Upaya Meningkatkan Keterampilan Sains melalui Media Majalah Dinding dan Eksperimen pada Anak Kelompok BTK Karya Sakti Gedangan Tegalombo Pacitan

Authors

  • Sri Hastuti TK Karya Sakti Gedangan, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan Author

DOI:

https://doi.org/10.1515/z2trxt43

Keywords:

Keterampilan sains, eksperimen, majalah dinding.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sains anak melalui media majalah dinding. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model Kemmis dan Mc. Taggart, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Karya Sakti Gedangan yang berjumlah 14 anak terdiri dari 5 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data mengggunakan deskripsif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari pra tindakan, siklus I serta siklus II. Sebelum tindakan diperoleh persentase keterampilan sains sebesar 42,85%, dari persentase tersebut telah meningkat pada siklus I sebesar 64,28%. Saat pelaksanaan siklus II meningkat sebanyak 85,71%.

Downloads

Published

2024-06-12

How to Cite

Hastuti, S. (2024). Upaya Meningkatkan Keterampilan Sains melalui Media Majalah Dinding dan Eksperimen pada Anak Kelompok BTK Karya Sakti Gedangan Tegalombo Pacitan. JURNAL SENTRA: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 24-30. https://doi.org/10.1515/z2trxt43