Pengaruh Tingkat Stress Terhadap Pemilihan Coping Stress Pada Guru Sekolah Luar Biasa Negeri
DOI:
https://doi.org/10.1212/cc8v2b55Kata Kunci:
Tingkat Stress, Coping Stress, Guru Sekolah Luar BiasaAbstrak
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat stress terhadap pemilihan coping stress pada guru SLB Negeri Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kauntitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 33 guru SLB Negeri Samarinda yang dipilih dengan menggunakan teknik total sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala stress dan skala coping stress. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji regresi linier sederhana dengan bantuan program Statistical Package for Sosial Sciences (SPSS) 26.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh tingkat stress terhadap pemilihan coping stress pada guru SLB Negeri Samarinda dengan nilai R2 = 0.770 dengan nilai p sebesar 0.000 (p < 0.05). Adapun arah hubungan antara kedua variabel yaitu positif, dimana tingginya tingkat stress guru mempengaruhi coping stress yang akan dipilih kelak.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 azarya Azarya Matana (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.