Pengaruh Tingkat Stress Terhadap Pemilihan Coping Stress Pada Guru Sekolah Luar Biasa Negeri

Penulis

  • azarya Azarya Matana Universitas 17 Agustus Tahun 1945 Samarinda Penulis

DOI:

https://doi.org/10.1212/cc8v2b55

Kata Kunci:

Tingkat Stress, Coping Stress, Guru Sekolah Luar Biasa

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat stress terhadap pemilihan coping stress pada guru SLB Negeri Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kauntitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 33 guru SLB Negeri Samarinda yang dipilih dengan menggunakan teknik total sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala stress dan skala coping stress. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji regresi linier sederhana dengan bantuan program Statistical Package for Sosial Sciences (SPSS) 26.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh tingkat stress terhadap pemilihan coping stress pada guru SLB Negeri Samarinda dengan nilai R2 = 0.770 dengan nilai p sebesar 0.000 (p < 0.05). Adapun arah hubungan antara kedua variabel yaitu positif, dimana tingginya tingkat stress guru mempengaruhi coping stress yang akan dipilih kelak.

Diterbitkan

2025-10-18

Cara Mengutip

Azarya Matana, azarya. (2025). Pengaruh Tingkat Stress Terhadap Pemilihan Coping Stress Pada Guru Sekolah Luar Biasa Negeri. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 7(2). https://doi.org/10.1212/cc8v2b55