Rekonstruksi Prinsip-Prinsip Disiplin Sekolah dan Kelas: Kajian Literatur terhadap Pendekatan Klasik dan Modern

Penulis

  • Rika Juliana UIN Malang Penulis
  • Ary Hasan Rahmatullah UIN Malang Penulis
  • Muhammad Muslimin UIN Malang Penulis

DOI:

https://doi.org/10.1212/hjyff730

Kata Kunci:

Rekontruksi, disiplin sekolah dan kelas, pendekatan klasik dan modern

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk merekonstruksi prinsip-prinsip disiplin sekolah dan kelas melalui kajian literatur terhadap pendekatan klasik dan modern. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan menelaah berbagai teori, konsep, dan praktik disiplin yang berkembang dari masa ke masa. Pendekatan klasik cenderung berfokus pada kontrol ketat dan hukuman, sementara pendekatan modern menekankan pada pendekatan restoratif, partisipatif, dan berbasis hubungan. Hasil kajian menunjukkan bahwa rekonstruksi prinsip disiplin yang ideal harus mengintegrasikan nilai-nilai positif dari kedua pendekatan, menciptakan keseimbangan antara aturan yang jelas dan penguatan perilaku positif. Kesimpulannya, penerapan disiplin yang efektif di sekolah dan kelas harus berbasis pada keadilan, keterlibatan siswa, serta membangun lingkungan yang mendukung perkembangan karakter dan tanggung jawab.

Diterbitkan

2025-07-14

Cara Mengutip

Juliana, R., Rahmatullah, A. H., & Muslimin, M. (2025). Rekonstruksi Prinsip-Prinsip Disiplin Sekolah dan Kelas: Kajian Literatur terhadap Pendekatan Klasik dan Modern. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 6(1), 34-45. https://doi.org/10.1212/hjyff730