Rekonstruksi Prinsip-Prinsip Disiplin Sekolah dan Kelas: Kajian Literatur terhadap Pendekatan Klasik dan Modern
DOI:
https://doi.org/10.1212/hjyff730Kata Kunci:
Rekontruksi, disiplin sekolah dan kelas, pendekatan klasik dan modernAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk merekonstruksi prinsip-prinsip disiplin sekolah dan kelas melalui kajian literatur terhadap pendekatan klasik dan modern. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan menelaah berbagai teori, konsep, dan praktik disiplin yang berkembang dari masa ke masa. Pendekatan klasik cenderung berfokus pada kontrol ketat dan hukuman, sementara pendekatan modern menekankan pada pendekatan restoratif, partisipatif, dan berbasis hubungan. Hasil kajian menunjukkan bahwa rekonstruksi prinsip disiplin yang ideal harus mengintegrasikan nilai-nilai positif dari kedua pendekatan, menciptakan keseimbangan antara aturan yang jelas dan penguatan perilaku positif. Kesimpulannya, penerapan disiplin yang efektif di sekolah dan kelas harus berbasis pada keadilan, keterlibatan siswa, serta membangun lingkungan yang mendukung perkembangan karakter dan tanggung jawab.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Rika Juliana, Ary Hasan Rahmatullah, Muhammad Muslimin (Author)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.