Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas IX B SMP Negeri 3 Pringkuku Pacitan Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.1212/dctn3875Kata Kunci:
Hasil belajar; matematika; model pembelajaran inkuiriAbstrak
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan proses pembelajaran, kinerja guru dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan model pembelajaran inkuiri di kelas IX B SMP Negeri 3 Pringkuku. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Penelitan ini mengambil subjek siswa kelas IX B SMP Negeri 3 Pringkuku sebanyak 24 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan model pembelajaran inkuiri mengalami peningkatan dan data yang diperoleh berupa hasil tes akhir siklus, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas IX B SMP Negeri 3 Pringkuku serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran matematika.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Budi Prajitno (Author)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.