Eksperimen Sains Menyenangkan melalui Majalah Dinding pada Anak Kelompok B TK Ngesti Putra Desa Borang Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan Tahun 2023

Penulis

  • Dodik Prasetyo STAI Al-Fattah Pacitan, Indonesia Penulis

DOI:

https://doi.org/10.1212/x21h8y73

Kata Kunci:

Eksperimen sains, majalah dinding, menyenangkan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode eksperimen sains menyenangkan melalui majalah dinding. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model Kemmis dan Mc. Taggart, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Ngesti Putra Borang yang berjumlah 14 anak terdiri dari 5 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data mengggunakan deskripsif kuantitatif dan kualitatif. Proses pembelajarannya dimulai dengan guru mengajak anak-anak untuk membuat prediksi atau dugaan benda. Guru mendemonstrasikan lalu anak-anak melaksanakan eksperimen secara mandiri. Kegiatan selanjutnya yaitu mengelompokkan menggunakan benda-benda. Anak-anak berkelompok maju menjelaskan gambarnya serta anak mengkomunikasikan hasil kegiatan sains pada media majalah dinding. Guru bersama dengan anak menyimpulkan dari hasil kegiatan percobaan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari pra tindakan, siklus I serta siklus II. Sebelum tindakan diperoleh persentase keterampilan sains sebesar 42,85%, dari persentase tersebut telah meningkat pada siklus I sebesar 64,28%. Saat pelaksanaan siklus II meningkat sebanyak 85,71%, penelitian siklus II dinyatakan berhasil.

Diterbitkan

2023-08-15

Cara Mengutip

Prasetyo, D. (2023). Eksperimen Sains Menyenangkan melalui Majalah Dinding pada Anak Kelompok B TK Ngesti Putra Desa Borang Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan Tahun 2023. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 4(2), 92-98. https://doi.org/10.1212/x21h8y73