Eksplorasi Kesiapan Mengajar Calon Guru Fisika
DOI:
https://doi.org/10.1212/pdxyp895Keywords:
Kesiapan mengajar; calon guru fisika; mixed methodsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kesiapan mengajar calon guru fisika melalui mendekatan campuran (mixed methods) yang menggabungkan data kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian sebaanyak 50 mahasiswa Pendidikan fisika yang diberikan angket tertutup skala likert dengan jumlah pertanyaan sebanyak 15 pertanyaan, dengan mencakup tiga aspek yaitu aspek keselarasan, kapasitas, dan keterikatan. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa aspek kapasitas memperoleh nilai rata-rata tertinggi yaitu 24,04, sementara aspek keterikatan memiliki rata-rata terendah dengan nilai 16,52. Sedangkan, untuk rata-rata keseluruhan kesiapan mengajar bernilai 19,89 yang mana jika dikategorikan masih tergolong rendah. Untuk memperkuat temuan ini dilakukan pengkategorian dari hasil skor angket skala likert, kemudian didapatkan dua responden dengan rata-rata tertinggi dan responden dengan rata-rata terendah. Dua responden ini diambil untuk dilakukan wawancara guna untuk memperkuat hasil dari kuantitatif. Hasil wawancara menunjukkan bahwa mahasiswa dengan kesiapan tinggi memiliki motivasi dan komitmen yang kuat terhadap profesi guru, sedangkan mahasiswa dengan kesiapan rendah menunjukkan keraguan dan kurang percaya diri. Dengan demikian perlunya penguatan dalam pembinaan calon guru fisika.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Desi Tri Intan (Penulis)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.