Integrasi Legenda Watu Bobot untuk Meningkatkan Ketrampilan Membaca pada Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Dela Putri Wijayanti Universitas Muria Kudus Penulis
  • Viollyn Farma Dynata Universitas Muria Kudus Penulis
  • Muhammad Hasan Vikri Universitas Muria Kudus Penulis
  • Luthfa Nugraheni Universitas Muria Kudus Penulis

DOI:

https://doi.org/10.1212/hdg6ty85

Kata Kunci:

Integrasi; legenda; watu bobot; keterampilan; membaca

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan legenda Watu Bobot sebagai media pembelajaran demi meningkatkan kemampuan membaca siswa sekolah dasar. Sebagai salah satu warisan budaya daerah, legenda Watu Bobot mengandung nilai-nilai yang dapat menjadi sumber inspirasi dalam proses belajar mengajar. Integrasi legenda ini lebih aktif dalam membaca, memahami teks, serta menyerap nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengkaji pengaruh penggunaan legenda Watu Bobot terhadap motivasi dan keterampilan membaca siswa sekolah dasar. Hasilnya menunjukkan bahwa integrasi legenda ini mampu meningkatkan motivasi belajar serta keterampilan membaca siswa secara signifikan. Temuan ini menguatkan bahwa pemanfaatan cerita rakyat lokal sebagai media pembelajaran merupakan strategi efektif dalam pengembangan literasi siswa. Dengan demikian, legenda Watu Bobot dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa di tingkat sekolah dasar.

Diterbitkan

2025-02-27

Cara Mengutip

Wijayanti, D. P., Dynata, V. F., Vikri, M. H. ., & Luthfa Nugraheni. (2025). Integrasi Legenda Watu Bobot untuk Meningkatkan Ketrampilan Membaca pada Siswa Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 6(1), 28-33. https://doi.org/10.1212/hdg6ty85