Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka: Studi Kualitatif pada Pengalaman Mahasiswa

Penulis

  • Deccha Tri Atmaghandi Universitas Jambi Penulis
  • Andika Cahya Putra Universitas Jambi Penulis
  • Agus Lestari Universitas Jambi Penulis

DOI:

https://doi.org/10.1212/22wyfg88

Kata Kunci:

mobilitas mahasiswa; pembelajaran hybrid; Merdeka Belajar; studi kualitatif; PMM

Abstrak

Penelitian kualitatif ini mengkaji pengalaman mahasiswa dalam mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM), bagian dari kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dan dianalisis dengan pendekatan tematik induktif. Lima tema utama ditemukan: fleksibilitas akademik, keterlibatan mahasiswa, evaluasi diri, adaptasi antarbudaya, dan perluasan jaringan akademik. Hasil menunjukkan bahwa model pembelajaran hybrid mendukung otonomi mahasiswa dalam mengelola waktu, meskipun komunikasi dengan dosen masih menghadapi hambatan. Adaptasi budaya menjadi tantangan, namun mahasiswa menunjukkan peningkatan ketahanan dan kompetensi lintas budaya. PMM terbukti menjadi instrumen strategis dalam membentuk lulusan yang inklusif, adaptif, dan siap menghadapi tantangan global.

Diterbitkan

2025-06-11

Cara Mengutip

Atmaghandi, D. T., Putra, A. C., & Lestari, A. (2025). Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka: Studi Kualitatif pada Pengalaman Mahasiswa. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 6(1), 22-27. https://doi.org/10.1212/22wyfg88