Transformasi Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa: Strategi Inovatif dan Tantangan Kontemporer

Penulis

  • Fanisa Putri Universitas Sriwijaya Penulis
  • Aulan Prodi Pendidikan Sejarah, FKIP, Universitas Sriwijaya Penulis
  • Aulya Akmal Jayan Prodi Pendidikan Sejarah, FKIP, Universitas Sriwijaya Penulis
  • Sani Safitri Prodi Pendidikan Sejarah, FKIP, Universitas Sriwijaya Penulis
  • Syarifuddin Prodi Pendidikan Sejarah, FKIP, Universitas Sriwijaya Penulis

DOI:

https://doi.org/10.1212/vhq8jd73

Kata Kunci:

learning motivation; teacher’s role; teaching strategies; teacher will-being; education policy

Abstrak

Motivasi belajar merupakan faktor utama yang menentukan keberhasilan peserta didik dalam proses pembelajaran. Guru memiliki peran krusial dalam membangun dan meningkatkan motivasi belajar melalui berbagai strategi, seperti pembelajaran interaktif, diferensiasi, umpan balik positif, dan penerapan reward serta punishment yang seimbang. Namun, guru juga menghadapi tantangan seperti rendahnya minat siswa, gangguan teknologi, keterbatasan sarana dan prasarana, serta kurangnya dukungan dari orang tua. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan inovatif dan fleksibel agar proses pembelajaran tetap efektif dan menarik. Selain itu, kesejahteraan guru berperan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan, di mana kebijakan pendidikan yang mendukung kesejahteraan guru dapat berdampak positif pada motivasi dan prestasi siswa. Dengan sinergi antara guru, siswa, orang tua, dan pemerintah, diharapkan sistem pendidikan dapat terus berkembang dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih inspiratif.

Diterbitkan

2025-05-19

Cara Mengutip

Putri, F., Aulan, Aulya Akmal Jayan, Sani Safitri, & Syarifuddin. (2025). Transformasi Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa: Strategi Inovatif dan Tantangan Kontemporer. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 6(1), 1-21. https://doi.org/10.1212/vhq8jd73