Implementasi Permainan Puzzle dalam Penanganan Anak Hiperaktif di KB Al-Firdaus Pacitan

Penulis

  • Dwi Sancoyorini Program Studi PIAUD STAI Al-Fattah Pacitan Penulis
  • Afidatul Muniroh Program Studi PIAUD STAI Al-Fattah Pacitan Penulis

DOI:

https://doi.org/10.1515/gehdgv47

Kata Kunci:

Puzzle; hiperaktif; konsentrasi; anak usia dini; intervensi non-farmakologis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas permainan puzzle dalam menangani anak hiperaktif di KB Al-Firdaus Pacitan tahun ajaran 2024/2025. Desain penelitian menggunakan quasi-eksperimental dengan model pre-test dan post-test tanpa kelompok kontrol. Subjek penelitian terdiri dari 6 anak hiperaktif yang diidentifikasi melalui observasi guru dan skala hiperaktivitas. Intervensi diberikan melalui enam sesi permainan puzzle selama tiga minggu (Agustus–September 2024). Data dikumpulkan melalui tes konsentrasi dan lembar observasi hiperaktivitas guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor konsentrasi anak meningkat dari 12,5 menjadi 19,2, sedangkan skor hiperaktivitas menurun dari 18,0 menjadi 11,5. Analisis data memperlihatkan adanya peningkatan signifikan dalam konsentrasi serta penurunan signifikan gejala hiperaktif setelah intervensi. Dokumentasi guru menguatkan hasil tersebut, di mana anak terlihat lebih fokus, lebih sabar menyelesaikan puzzle, dan mampu duduk tenang lebih lama. Temuan ini mengindikasikan bahwa puzzle merupakan intervensi sederhana, menyenangkan, dan efektif untuk meningkatkan konsentrasi sekaligus mengurangi gejala hiperaktif pada anak usia dini, khususnya di lembaga PAUD dengan keterbatasan fasilitas.

Diterbitkan

2024-12-17

Cara Mengutip

Sancoyorini, D., & Muniroh, A. (2024). Implementasi Permainan Puzzle dalam Penanganan Anak Hiperaktif di KB Al-Firdaus Pacitan. JURNAL SENTRA: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 86-92. https://doi.org/10.1515/gehdgv47