Peningkatan Kemampuan Sains Anak melalui Metode Guided Discovery pada Kelompok B TK Gading Putra, Desa Mangunharjo, Kecamatan Arjosari Tahun Ajaran 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.1515/kx929n89Kata Kunci:
Kemampuan sains; Guided discovery; Anak usia dini; Pembelajaran aktif.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sains anak melalui penerapan metode guided discovery pada kelompok B TK Gading Putra, Desa Mangunharjo, Kecamatan Arjosari, tahun ajaran 2024/2025. Subjek penelitian adalah 14 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Penelitian dilaksanakan pada bulan September–Oktober 2024 dengan menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis & McTaggart. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan penilaian kinerja anak. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan kemampuan sains anak dari pra-siklus hingga siklus II, ditandai dengan meningkatnya kemampuan anak dalam mengamati, mengklasifikasi, memprediksi, serta menarik kesimpulan sederhana. Peningkatan ini sejalan dengan teori Piaget tentang perkembangan kognitif anak usia dini serta penelitian sebelumnya yang menekankan pentingnya pembelajaran aktif berbasis penemuan terbimbing. Dengan demikian, metode guided discovery efektif digunakan untuk mengembangkan kemampuan sains anak di TK.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Fiznur Farahdiba, Hanit Nugraini Kumalasari (Author)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.