Optimalisasi SDM Guru melalui Kepemimpinan Kepala Sekolah di TK Attarmasi Arjosari Pacitan
DOI:
https://doi.org/10.1515/82xsdh13Kata Kunci:
Kepemimpinan Kepala Sekolah; Pengelolaan SDM; PAUD; Guru.Abstrak
Fakta di lapangan mengindikasikan bahwa sejumlah besar lembaga PAUD di wilayah pedesaan masih mengalami kendala signifikan dalam pengelolaan sumber daya manusia tenaga pengajar, terutama terkait kompetensi, ketersediaan, dan kesejahteraan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepala sekolah dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi pengelolaan SDM di TK Attarmasi, Arjosari, Pacitan. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menerapkan kepemimpinan partisipatif dan komunikatif yang mendorong motivasi, kinerja, dan loyalitas guru. Namun, tantangan tetap ada, terutama terkait pelatihan berkelanjutan dan ketiadaan sistem evaluasi kinerja yang baku. Kesimpulan menunjukkan bahwa kepemimpinan yang efektif dan berlandaskan nilai-nilai Islami merupakan kunci dalam meningkatkan mutu pengelolaan SDM di PAUD. Diperlukan penguatan kapasitas kepemimpinan dan dukungan kebijakan kelembagaan untuk menciptakan pengelolaan SDM yang lebih optimal dan berkelanjutan.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Wahyu Eka Supratiwi (Author)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.