Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini melalui Project-Based Learning Berbasis Loose Parts

Penulis

  • Dodik Prasetyo STAI Al-Fattah Pacitan Penulis

DOI:

https://doi.org/10.1515/mnt81v62

Kata Kunci:

Project-Based Learning; loose parts; anak usia dini.

Abstrak

Pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning/PjBL) dengan media loose parts diyakini mampu menstimulasi perkembangan anak usia dini melalui kegiatan yang kreatif, kolaboratif, dan kontekstual. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan PjBL berbasis loose parts di RA Al-Huda Ploso Pacitan, menganalisis dampaknya terhadap perkembangan kognitif, motorik, dan sosial anak, serta mengidentifikasi strategi guru dalam menghadapi hambatan pembelajaran. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PjBL berbasis loose parts efektif meningkatkan kreativitas, berpikir kritis, koordinasi motorik halus, serta keterampilan sosial anak. Kendala yang muncul, seperti keterbatasan variasi bahan, waktu, dan pemahaman guru, dapat diatasi melalui pelibatan orang tua, penyesuaian alur kegiatan, dan forum refleksi guru. Simpulan penelitian menegaskan bahwa PjBL berbasis loose parts merupakan pendekatan inovatif yang sesuai dengan konteks pendidikan anak usia dini, sekaligus memberikan kontribusi teoritis dan praktis bagi pengembangan pembelajaran PAUD.

Diterbitkan

2024-12-17

Cara Mengutip

Prasetyo, D. (2024). Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini melalui Project-Based Learning Berbasis Loose Parts. JURNAL SENTRA: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 55-64. https://doi.org/10.1515/mnt81v62