Penerapan Metode Pembelajaran Bermain Pada Anak Usia Dini: Studi Kasus di Bustanul Athfal Aisyiyah Gasang
DOI:
https://doi.org/10.1515/ek4xqh83Kata Kunci:
Metode pembelajaran bermain; anak usia dini.Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran bermain pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan/verifikasi. Pembelajaran berbasis bermain memiliki keuntungan tersendiri bagi tumbuh kembang anak. Anak-anak dapat meningkatkan imajinasinya, kemampuan fisiknya, mengasah keterampilan sosial yang dimilikinya, melatih emosionalnya dalam menghadapi berbagai permasalahan yang ia temukan saat bermain. Hal ini sangat menguntungkan bagi anak karena sebagai bekal dan juga persiapan untuk memasuki fase selanjutnya. Belajar sambil bermain mampu menstimulus anak untuk mencapai tumbuh kembang yang lebih baik.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Yusroh Alquriyah (Author)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.