Implementasi Metode Eksperimen dan Media Majalah Dinding untuk Meningkatkan Keterampilan Sains pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Desa Sobo Pacitan
DOI:
https://doi.org/10.1515/fzf7ce52Kata Kunci:
Keterampilan sains, eksperimen, majalah dinding.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sains anak melalui metode eksperimen dan media majalah dinding. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model Kemmis dan Mc. Taggart, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Dharma Wanita Sobo yang berjumlah 14 anak terdiri dari 5 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data mengggunakan deskripsif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari pra tindakan, siklus I serta siklus II. Sebelum tindakan diperoleh persentase keterampilan sains sebesar 42,85%, dari persentase tersebut telah meningkat pada siklus I sebesar 64,28%. Saat pelaksanaan siklus II meningkat sebanyak 85,71%.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Afidatul Muniroh (Author)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.