Penggunaan Media Papan Raba untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan pada Anak Kelompok A TK Sinar Karya Kebondalem Tegalombo Pacitan

Penulis

  • Suhartini TK Sinar Karya Kebondalem, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan Penulis

DOI:

https://doi.org/10.1515/k8zra192

Kata Kunci:

Kemampuan mengenal lambang bilangan, media, papan raba.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan menggunakan media papan raba pada anak Kelompok A di TK Sinar Karya Kebondalem Tegalombo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan berkolaborasi dengan guru menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart dengan yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada bulan April- Juni 2023. Subjek penelitian adalah 17 anak, terdiri dari 11 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Objek penelitian adalah kemampuan mengenal lambang bilangan menggunakan media papan raba. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi, sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya menunjukkan peningkatan menggunakan media papan raba. Persentase rata-rata kemampuan mengenal lambang bilangan pada Pratindakan sebesar 58,82% meningkat pada Siklus I menjadi 74,07% dan meningkat kembali pada Siklus II menjadi 92,16%.

Diterbitkan

2024-06-12

Cara Mengutip

Suhartini. (2024). Penggunaan Media Papan Raba untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan pada Anak Kelompok A TK Sinar Karya Kebondalem Tegalombo Pacitan. JURNAL SENTRA: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 15-23. https://doi.org/10.1515/k8zra192