Manajemen PAUD dalam Implementasi P5P2RA terhadap Literasi Moral dan Religius Anak
DOI:
https://doi.org/10.1515/mp295w42Kata Kunci:
Pendidikan Anak Usia Dini, literasi moral,religius anak.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan lil 'Alamin (P2RA) dalam pengembangan literasi moral dan religius di wilayah pesisir selatan Pacitan. Menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, penelitian ini mengeksplorasi tantangan dan peluang dalam pendidikan karakter di tiga lembaga PAUD: RA Perwanida Sidoharjo, RA Al-Huda Ploso, dan RA Al-Istiqomah Kembang. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun menghadapi kendala seperti infrastruktur yang kurang memadai dan keberagaman budaya, lembaga-lembaga ini berhasil memanfaatkan pendekatan berbasis alam, melibatkan orang tua, dan mengintegrasikan pendidikan moral dan religius untuk memperkuat karakter anak. Temuan ini menekankan pentingnya kolaborasi antara lembaga pendidikan dan komunitas dalam menciptakan pendidikan yang holistik, relevan, dan responsif terhadap konteks sosial dan budaya setempat.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dodik Prasetyo (Author)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.