Implementasi Metode Percampuran Warna pada Siswa Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Sinar Putra Nawangan Kabupaten Pacitan Tahun 2023

Penulis

  • Hanit Nugraini Kumalasari STAI Al-Fattah Pacitan, Indonesia Penulis

DOI:

https://doi.org/10.1515/am7m2333

Kata Kunci:

Metode; Pencampuran; Warna.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tahap persiapan metode pencampuran warna pada anak kelompok B,mengetahui bagaimana tahap pelaksanaan metode pencampuran warna pada anak kelompok B. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelompok B Kelompok B dengan jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 1orang guru pembimbing kelas B Sentra Bahan Alam dan 5 orang yang terdiri dari 2anak perempuan dan 3 anak laki-laki. Teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru guna mencapai keberhasilan pelaksanaan metode percampuran warna anak usia 5-6 tahun, yaitu: (a) tahap persiapan metode pencampuran warna pada anak usia 5-6 tahun terlaksana dengan baik; (b) tahap pelaksanaan metode melalui kegiatan pencampuran warna pada anak usia 5-6tahun di TK berjalan dengan baik; (c)tahap tindak lanjut metode pencampuran warna pada anak usia 5-6 tahun  belum terlaksana dengan baik.

Diterbitkan

2023-06-15

Cara Mengutip

Kumalasari, H. N. (2023). Implementasi Metode Percampuran Warna pada Siswa Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Sinar Putra Nawangan Kabupaten Pacitan Tahun 2023. JURNAL SENTRA: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 22-27. https://doi.org/10.1515/am7m2333