Wayang Kartun: Media untuk Meningkatkan Minat Berbahasa Jawa Anak Kelompok B TK Tunas Muda Desa Sedayu Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.1515/fpn4yy24Kata Kunci:
Minat berbahasa jawa; bercerita; wayang kartun.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat berbahasa Jawa anak melalui metode bercerita dengan media wayang kartun pada anak kelompok B di TK Tunas Muda Sedayu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif. Desain penelitian yang digunakan mengadopsi model spiral dari Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian berjumlah 18 anak yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Objek penelitian adalah minat berbahasa Jawa melalui metode bercerita menggunakan media wayang kartun. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara dan lembar observasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kegiatan bercerita menggunakan media wayang kartun dapat meningkatkan minat berbahasa Jawa anak. Hal ini dapat diketahui dari meningkatnya minat berbahasa Jawa anak pada tahap Pra Siklus terlihat 5 anak (28%) yang memiliki minat tinggi terhadap bahasa Jawa, pada siklus I terdapat 7 anak (41%) yang memiliki minat tinggi terhadap bahasa Jawa, pada siklus II 14 anak (80%) memiliki minat tinggi terhadap bahasa Jawa, sehingga tindakan dihentikan karena minat berbahasa Jawa anak sudah mencapai indikator keberhasilan.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dodik Prasetyo (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.