Upaya Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Metode Mencocok Gambar di TK Tunas Muda Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan
DOI:
https://doi.org/10.1515/6my4pa59Kata Kunci:
Kemampuan Motorik Halus; Mencocok; Gambar.Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui metode mencocok gambar dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi, Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian ini didapatkan bahwa metode mencocok gambar memiliki kelebihan dapat menarik minat dan keaktifan anak, bentuk gambar yang dicocok bervariasi, lebih menarik perhatian anak, mempermudah serta mempercepat pemahaman anak, pembuatannya mudah, harganya terjangkau, dapat mengatasi adanya batasan ruang dan waktu hingga dapat membuat anak lebih aktif, kreatif dan inovatif dalam mengikuti pembelajaran tanpa rasa bosan yang dibuktikan adanya peningkatan hasil belajar anak pada siklus I diperoleh 48 % meningkat pada siklus II diperoleh 78%. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data metode mencocok gambar dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak di TK Tunas Muda Arjosari Pacitan.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Wiwid Pheni Dwiantari (Author)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.