Pengenalan Konsep Matematika terhadap Anak Usia Dini

Authors

  • Afidatul Muniroh Prodi. PIAUD STAI Al-Fattah Pacitan, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.1515/qg7dxs17

Keywords:

Pengenalan, Konsep Matematika, Anak Usia Dini.

Abstract

Konsep matematika merupakan salah satu aspek yang perlu diperkenalkan terhadap anak usia dini dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi permasalahan kehidupan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengenalkan konsep matematika terhadap Anak Usia Dini kelompok B PAUD Tunas Muda Sedayu Arjosari Pacitan Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat  deskripstif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelompok B PAUD Tunas Muda Sedayu Arjosari Pacitan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan pengecekan data. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan pembelajaran matematika dibuat dengan cara mengasyikan yaitu dengan belajar sambil bermain. Berbagai mainan dan benda di sekitar dapat membantu anak dalam mengenal konsep bilangan dan operasinya, urutan, membilang, perbandingan, menulis angka, dan geometri.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Muniroh, A. (2023). Pengenalan Konsep Matematika terhadap Anak Usia Dini. JURNAL SENTRA: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 38-44. https://doi.org/10.1515/qg7dxs17