Integrasi Legenda Watu Bobot untuk Meningkatkan Ketrampilan Membaca pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.1212/hdg6ty85Keywords:
Integrasi; legenda; watu bobot; keterampilan; membacaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan legenda Watu Bobot sebagai media pembelajaran demi meningkatkan kemampuan membaca siswa sekolah dasar. Sebagai salah satu warisan budaya daerah, legenda Watu Bobot mengandung nilai-nilai yang dapat menjadi sumber inspirasi dalam proses belajar mengajar. Integrasi legenda ini lebih aktif dalam membaca, memahami teks, serta menyerap nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengkaji pengaruh penggunaan legenda Watu Bobot terhadap motivasi dan keterampilan membaca siswa sekolah dasar. Hasilnya menunjukkan bahwa integrasi legenda ini mampu meningkatkan motivasi belajar serta keterampilan membaca siswa secara signifikan. Temuan ini menguatkan bahwa pemanfaatan cerita rakyat lokal sebagai media pembelajaran merupakan strategi efektif dalam pengembangan literasi siswa. Dengan demikian, legenda Watu Bobot dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa di tingkat sekolah dasar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dela Putri Wijayanti, Viollyn Farma Dynata, Muhammad Hasan Vikri, Luthfa Nugraheni (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.