Implementasi Metode Problem Based Introduction Materi Simple Present untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 1 Donorojo Pacitan Tahun 2023

Authors

  • Harini Sulistyomurti SMP Negeri 1 Donorojo, Kabupaten Pacitan Author

DOI:

https://doi.org/10.1212/nft3sf76

Keywords:

Hasil belajar; simple present; metode problem based introduction

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi simple present dengan menerapkan model pembelajaran problem based introduction. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMPN 1 Donorojo yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I jumlah siswa tuntas belajar mencapai 24 siswa, nilai rata-rata mencapai 75,83, artinya metode problem based introduction efektif di gunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi simple present. Hasil observasi menunjukkan skor 97, artinya aktifitas siswa di dalam kelas cukup baik. Akan tetapi agar lebih kondusif lagi pembelajaran Bahasa Inggris materi simple present maka peneliti hendak melaksanakan siklus II. Pada siklus II jumlah siswa tuntas belajar mencapai 30 siswa, nilai rata-rata mencapai 82,77, artinya metode problem based introduction efektif di gunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi simple present. Hasil observasi menunjukkan skor 133, artinya aktifitas siswa di dalam kelas sangat baik.

Downloads

Published

2023-08-15

How to Cite

Sulistyomurti, H. (2023). Implementasi Metode Problem Based Introduction Materi Simple Present untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 1 Donorojo Pacitan Tahun 2023. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 4(2), 83-91. https://doi.org/10.1212/nft3sf76