Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Basa Jawa melalui Metode Demontrasi dalam Materi Mengapresiasi Geguritan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kebonagung Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

  • Mochammad Masjkuri SMP Negeri 1 Kebonagung, Kabupaten Pacitan Author

DOI:

https://doi.org/10.1212/qbrpk408

Keywords:

Peningkatan; prestasi; metode demontrasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan prestasi belajar basa jawa melalui metode demontrasi standar kompetensi mengapresiasi geguritan pada siswa kelas VII. Jenis penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas. Kegiatan penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Kebonagung Pacitan, waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan Maret 2023 semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII-B dengan jumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penelitian ini meningkatkan prestasi belajar siswa dengan mengapresiasi geguritan ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (22,22%), siklus II (62,96%), siklus III (96,30%). Dengan demikian masing-masing siklus terdapat peningkatan hasil pembelajaran yang dilakukan pada materi mengapresiasi geguritan pada siswa kelas VII SMPN 1 Kebonagung.

Published

2023-08-15

How to Cite

Masjkuri, M. (2023). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Basa Jawa melalui Metode Demontrasi dalam Materi Mengapresiasi Geguritan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kebonagung Tahun Pelajaran 2022/2023. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 4(2), 75-82. https://doi.org/10.1212/qbrpk408