Meningkatkan Kecerdasan Matematika melalui Permainan Kartu Angka pada Anak Usia Dini TK Putra Siaga Desa Gawang Pacitan
DOI:
https://doi.org/10.1515/tf918v41Kata Kunci:
Kecerdasan matematika, kartu angka, usia dini.Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang upaya meningkatkan kemampuan mengenal angka melalui media kartu angka. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan berkolaborasi dengan guru dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari-April 2019. Subjek penelitian adalah 20 anak TK Putra Siaga Gawang, Kebonagung, Pacitan. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Adapun capaian angka dari pelaksanaan siklus I dan II dapat digambarkan terjadi peningkatan, yaitu, siswa yang termasuk dalam kategori berkembang sangat baik (BSB) dari siklus I sebanyak 4 anak (20%) menjadi 5 anak (25%). Siswa dalam kategori berkembang sesuai harapan (BSH) juga mengalami perkembangan, yaitu dari 10 anak (50%) menjadi 65% atau (13 anak). Sementara itu, jumlah siswa yang termasuk dalam kategori mulai berkembang sebanyak 5 anak (25%) pada siklus I menjadi 2 anak (10%).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Wigati (Author)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.