Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna melalui Kegiatan Mencampur Warna TK Bina Putra Pringkuku Pacitan

Penulis

  • Heri Cahyono Putro STAI Al-Fattah Pacitan, Indonesia Penulis
  • Sri Lestari TK Bina Putra Pringkuku, Pacitan Penulis

DOI:

https://doi.org/10.1515/qm80tt62

Kata Kunci:

Kemampuan; Mengenal Warna; Anak Usia Dini.

Abstrak

Mengenal warna pada anak usia dini merupakan kemampuan anak untuk mengetahui dari satu warna ke warna lain. Penelitian ini memiliki tujuan antara lain memaparkan aktivitas guru, anak, dan peningkatan kemampuan mengenal warna anak usia dini di TK Bina Putra kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan. Peneliti menggunakan pendekatan action research yaitu penelitian tindakan kelas. Terdapat 2 siklus kegiatan ini yang melibatkan masing-masing 2 tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek Penelitian ini terdiri dari 19 siswa TK A dan 2 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, sedangkan analisis menggunakan deskriptif Adapun hasil penelitian terdiri dari siklus I pertemuan 1 mendapat skor 80%. Hasil tersebut menunjukkan penelitian tindakan kelas ini belum berhasil karena target yang ditentukan adalah 85%, maka penelitian berlanjut pada siklus 2. Pada siklus II diperoleh data mencapai 95%. Peningkatan persentase pada siklus I ke siklus ke II dikarenakan guru menyampaikan materi dengan runtut sehingga situasi kelas kondusif dan menyenangkan bagi anak, serta memberikan apresiasi bagi para siswa. Dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran melalui metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna anak usia dini di TK Bina Putra Pringkuku Pacitan.

Diterbitkan

2022-06-06

Cara Mengutip

Putro, H. C., & Lestari, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna melalui Kegiatan Mencampur Warna TK Bina Putra Pringkuku Pacitan. JURNAL SENTRA: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 24-30. https://doi.org/10.1515/qm80tt62