Peningkatan Kemampuan Sains Anak melalui Metode Guided Discovery pada Kelompok B TK Gading Putra, Desa Mangunharjo, Kecamatan Arjosari Tahun Ajaran 2024/2025

Penulis

  • Fiznur Farahdiba Mahasiswa Prodi. PIAUD STAI Al-Fattah Pacitan, Indonesia
  • Hanit Nugraini Kumalasari STAI Al-Fattah Pacitan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.1212/js.v4i2.90

Kata Kunci:

Kemampuan sains; Guided discovery; Anak usia dini; Pembelajaran aktif.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sains anak melalui penerapan metode guided discovery pada kelompok B TK Gading Putra, Desa Mangunharjo, Kecamatan Arjosari, tahun ajaran 2024/2025. Subjek penelitian adalah 14 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Penelitian dilaksanakan pada bulan September–Oktober 2024 dengan menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis & McTaggart. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan penilaian kinerja anak. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan kemampuan sains anak dari pra-siklus hingga siklus II, ditandai dengan meningkatnya kemampuan anak dalam mengamati, mengklasifikasi, memprediksi, serta menarik kesimpulan sederhana. Peningkatan ini sejalan dengan teori Piaget tentang perkembangan kognitif anak usia dini serta penelitian sebelumnya yang menekankan pentingnya pembelajaran aktif berbasis penemuan terbimbing. Dengan demikian, metode guided discovery efektif digunakan untuk mengembangkan kemampuan sains anak di TK.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-17

Cara Mengutip

Farahdiba, F., & Nugraini Kumalasari, H. (2024). Peningkatan Kemampuan Sains Anak melalui Metode Guided Discovery pada Kelompok B TK Gading Putra, Desa Mangunharjo, Kecamatan Arjosari Tahun Ajaran 2024/2025. JURNAL SENTRA: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 78–85. https://doi.org/10.1212/js.v4i2.90