Penggunaan Media Papan Raba untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan pada Anak Kelompok A TK Sinar Karya Kebondalem Tegalombo Pacitan
DOI:
https://doi.org/10.1515/k8zra192Keywords:
Kemampuan mengenal lambang bilangan, media, papan raba.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan menggunakan media papan raba pada anak Kelompok A di TK Sinar Karya Kebondalem Tegalombo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan berkolaborasi dengan guru menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart dengan yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada bulan April- Juni 2023. Subjek penelitian adalah 17 anak, terdiri dari 11 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Objek penelitian adalah kemampuan mengenal lambang bilangan menggunakan media papan raba. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi, sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya menunjukkan peningkatan menggunakan media papan raba. Persentase rata-rata kemampuan mengenal lambang bilangan pada Pratindakan sebesar 58,82% meningkat pada Siklus I menjadi 74,07% dan meningkat kembali pada Siklus II menjadi 92,16%.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Suhartini (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.