Penerapan Media Boneka Tangan dalam Ketrampilan Berbahasa pada Anak Usia Dini Kelompok B di TK Indrakila Jatimalang
DOI:
https://doi.org/10.1212/js.v3i2.35Kata Kunci:
Media boneka tangan, ketrampilan berbahasa.Abstrak
TK Indrakila merupakan salah satu lembaga pendidikan yang ada di Desa Jatimalang Kecamatan Arjosari. Media boneka tangan merupakan media yang menarik dan banyak disukai anak dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran yang dapat membangkitkan minat, perhatian, dan kreativitas siswa sehingga dapat memotivai semangat belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Penerapan media boneka tangan dalam ketrampilan berbahasa pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan sejak tanggal 09 September sampai 10 Oktober 2023. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah upaya guru dalam menerapkan media boneka tangan pada ketrampilan bahasa anak di TK Indrakila Jatimalang diawali dengan memanfaatkan media yang ada. Kreativitas seorang guru merupakan hal yang penting karena sangat berpengaruh pada kreativitas anak didiknya. Semakin kreatif, semakin besar pula peluang anak untuk mengembangkan kreativitasnya. Strategi yang dilakukan guru di TK Indrakila Jatimalang dalam menerapkan media boneka tangan untuk ketrampilan bahasa anak adalah melalui kegiatan-kegiatan yang bersifat edukatif dan menyenangkan seperti halnya: bercerita, bernyanyi, dan bermain peran. Kendala dalam guru menerapkan media boneka tangan untuk ketrampilan bahasa anak di TK Indrakila Jatimalang adalah terbatasnya media yang tidak tersedia di TK tersebut.