Penerapan Media Boneka Tangan dalam Ketrampilan Berbahasa pada Anak Usia Dini Kelompok B di TK Indrakila Jatimalang

Penulis

  • Atika Nur Afidah Mahasiswa Prodi. PIAUD STAI Al-Fattah Pacitan, Indonesia
  • Afidatul Muniroh STAI Al-Fattah Pacitan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.1212/js.v3i2.35

Kata Kunci:

Media boneka tangan, ketrampilan berbahasa.

Abstrak

TK Indrakila merupakan  salah  satu  lembaga  pendidikan  yang  ada  di Desa  Jatimalang Kecamatan  Arjosari.  Media boneka tangan merupakan media yang menarik dan banyak disukai anak dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran yang dapat membangkitkan minat, perhatian, dan kreativitas siswa sehingga dapat memotivai semangat belajar.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan  Penerapan media boneka tangan dalam ketrampilan berbahasa pada anak usia dini. Metode  penelitian  yang digunakan  adalah  diskriptif kualitatif. Prosedur  pengumpulan  data  berupa  observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan sejak tanggal 09 September sampai 10 Oktober 2023. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah upaya guru dalam menerapkan media boneka tangan pada ketrampilan bahasa anak di TK Indrakila Jatimalang diawali dengan memanfaatkan media yang ada. Kreativitas seorang guru merupakan hal yang penting karena sangat berpengaruh pada kreativitas anak didiknya. Semakin kreatif, semakin besar pula peluang anak untuk mengembangkan kreativitasnya. Strategi yang dilakukan guru di TK Indrakila Jatimalang dalam menerapkan media boneka tangan untuk ketrampilan bahasa anak adalah melalui kegiatan-kegiatan yang bersifat edukatif dan menyenangkan seperti halnya: bercerita, bernyanyi, dan bermain peran. Kendala dalam guru menerapkan media boneka tangan untuk ketrampilan bahasa anak di TK Indrakila Jatimalang adalah terbatasnya media yang tidak tersedia di TK tersebut.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-15

Cara Mengutip

Nur Afidah, A., & Muniroh, A. (2023). Penerapan Media Boneka Tangan dalam Ketrampilan Berbahasa pada Anak Usia Dini Kelompok B di TK Indrakila Jatimalang. JURNAL SENTRA: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 82–87. https://doi.org/10.1212/js.v3i2.35