Implementasi Metode Demonstrasi Percampuran Warna dalam Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di TK Mardi Siwi Desa Jetak Kecamatan Tulakan Tahun Pelajaraan 2023/2024

Penulis

  • Ika Purnama Sari Mahasiswa Prodi. PIAUD STAI Al-Fattah Pacitan, Indonesia
  • Ariska Yuliana Putri STAI Al-Fattah Pacitan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.1212/js.v3i2.34

Kata Kunci:

Metode demonstrasi; percampuran warna; kognitif.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan: 1) Mendeskripsikan implementasi metode demonstrasi percampuran warna; dan 2) Mendeskripsikan kelebihan dan kelemahan penggunaan metode demonstrasi percampuran warna. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik Milles Hiberman melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari penelitian. Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan implementasi metode demonstrasi pencampuran warna primer, secondary dan tersier dalam satu kali waktu, artinya kemampuan kognitif siswa berkembang. Dalam pelaksanaannya guru TK Mardi Siwi tidak bisa lepas dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi; dan 2) Mendeskripsikan kelebihan implementasi metode demonstrasi pencampuran warna di TK Mardi Siwi, ada tiga kelebihan, yaitu: a) pengajaran menjadi lebih jelas dan menarik; b) memudahkan pemahaman siswa; c) stimulasi siswa untuk aktif mengamati dan mencoba sendiri. Sedangkan kelemahannya ada dua yaitu: a) diperlukan fasilitas seperti peralatan, tempat, dan biaya yang memadai tidak selalu tersedia dengan baik; dan b) Demonstrasi memerlukan kesiapan dan perencanaan yang matang di samping memerlukan waktu yang cukup panjang.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-15

Cara Mengutip

Purnama Sari, I., & Yuliana Putri, A. (2023). Implementasi Metode Demonstrasi Percampuran Warna dalam Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di TK Mardi Siwi Desa Jetak Kecamatan Tulakan Tahun Pelajaraan 2023/2024. JURNAL SENTRA: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 74–81. https://doi.org/10.1212/js.v3i2.34