Manajemen Pembelajaran Seni Peran melalui Media Boneka Jari pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.1212/js.v4i1.115Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam manajemen pembelajaran yang memanfaatkan media boneka jari dalam upaya meningkatkan keterampilan seni peran pada anak usia dini. Secara khusus, penelitian ini mengkaji: (1) bagaimana guru merencanakan, melaksanakan, dan mengelola kegiatan bercerita serta bermain peran berbasis boneka jari, serta (2) kendala yang muncul selama proses pembelajaran dan strategi penanganannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi kelas, wawancara terstruktur dengan guru, dan dokumentasi aktivitas pembelajaran. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran dengan media boneka jari dilaksanakan secara sistematis berdasarkan modul ajar, meliputi pembukaan, kegiatan inti, hingga penutup.. Secara keseluruhan, manajemen pembelajaran berbasis boneka jari terbukti efektif dalam meningkatkan imajinasi, kemampuan berbahasa, rasa percaya diri, serta keterlibatan aktif anak dalam kegiatan seni peran..