Manajemen Pembelajaran Seni Peran melalui Media Boneka Jari pada Anak Usia Dini

Penulis

  • Heri Cahyono Putro STAI Al-Fattah Pacitan, Indonesia
  • Diana Nur Afita Nur Afita Mahasiswa Prodi. PIAUD STAI Al-Fattah Pacitan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.1212/js.v4i1.115

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam manajemen pembelajaran yang memanfaatkan media boneka jari dalam upaya meningkatkan keterampilan seni peran pada anak usia dini. Secara khusus, penelitian ini mengkaji: (1) bagaimana guru merencanakan, melaksanakan, dan mengelola kegiatan bercerita serta bermain peran berbasis boneka jari, serta (2) kendala yang muncul selama proses pembelajaran dan strategi penanganannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi kelas, wawancara terstruktur dengan guru, dan dokumentasi aktivitas pembelajaran. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran dengan media boneka jari dilaksanakan secara sistematis berdasarkan modul ajar, meliputi pembukaan, kegiatan inti, hingga penutup.. Secara keseluruhan, manajemen pembelajaran berbasis boneka jari terbukti efektif dalam meningkatkan imajinasi, kemampuan berbahasa, rasa percaya diri, serta keterlibatan aktif anak dalam kegiatan seni peran..

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-12

Cara Mengutip

Cahyono Putro, H., & Nur Afita, D. N. A. (2024). Manajemen Pembelajaran Seni Peran melalui Media Boneka Jari pada Anak Usia Dini. JURNAL SENTRA: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 47–55. https://doi.org/10.1212/js.v4i1.115