Implementasi Pengenalan Huruf Hijaiyah dengan Metode UMMI di Raudhatul Athfal

Penulis

  • Heri Cahyono Putro STAI Al-Fattah Pacitan, Indonesia
  • Latifatum Munawaroh STAI Al-Fattah Pacitan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.1212/js.v4i2.114

Kata Kunci:

Metode Ummi; huruf hijaiyah; Raudhatul Athfal; pendidikan anak usia dini.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode Ummi dalam pengenalan huruf hijaiyah di Raudhatul Athfal Akhyatul Muslim. Fokus penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengenalan huruf hijaiyah dengan metode Ummi dilakukan melalui langkah-langkah terstruktur yang menekankan tartil, talaqqi, dan pengulangan. Guru menerapkan alur pembelajaran yang terdiri dari kegiatan pembuka, pembelajaran inti dengan bimbingan langsung (talaqqi), baca klasikal, penguatan individual, dan evaluasi. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa peserta didik mampu mengenal huruf hijaiyah secara lebih sistematis serta menunjukkan peningkatan kefasihan dan ketepatan bacaan. Implementasi metode Ummi juga mendukung pembentukan adab dalam membaca Al-Qur’an seperti kedisiplinan, kerapian duduk, dan sikap hormat terhadap Al-Qur’an. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Ummi efektif dalam mendukung literasi huruf hijaiyah dan dapat diimplementasikan secara konsisten dalam pendidikan anak usia dini berbasis Islam.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-17

Cara Mengutip

Cahyono Putro, H., & Munawaroh, L. (2024). Implementasi Pengenalan Huruf Hijaiyah dengan Metode UMMI di Raudhatul Athfal. JURNAL SENTRA: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 93–98. https://doi.org/10.1212/js.v4i2.114