Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di KB Tunas Bangsa Desa Borang Arjosari

Penulis

  • Wahyu Eka Supratiwi STAI Al-Fattah Pacitan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.1212/js.v5i1.103

Kata Kunci:

Artificial Intelligence, pembelajaran, anak usia dini, KB Tunas Bangsa.

Abstrak

Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dalam pembelajaran anak usia dini merupakan inovasi yang relevan dengan perkembangan teknologi pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi AI dalam pembelajaran di KB Tunas Bangsa Desa Borang Arjosari serta menganalisis dampaknya terhadap kualitas proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan AI mampu meningkatkan keterlibatan peserta didik, mendukung penyajian materi yang lebih interaktif, serta memudahkan guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran. Selain itu, AI berperan dalam memfasilitasi pembelajaran yang bersifat individual sesuai tahap perkembangan anak. Namun, kendala yang ditemukan meliputi keterbatasan pemahaman guru terhadap teknologi AI dan keterbatasan sarana prasarana. Dengan demikian, diperlukan pelatihan berkelanjutan bagi guru serta dukungan infrastruktur untuk mengoptimalkan pemanfaatan AI dalam pembelajaran anak usia dini.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-25

Cara Mengutip

Eka Supratiwi, W. (2025). Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di KB Tunas Bangsa Desa Borang Arjosari. JURNAL SENTRA: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.1212/js.v5i1.103