Implementasi Pendidikan Karakter “Jujur” pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Anak Usia Dini melalui Cerita Nabi Muhammad SAW Sebagai Suri Tauladan di RA Nurul Falah Desa Mlati Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan

Authors

  • Wiwid Pheni Dwiantari STAI Al-Fattah Pacitan, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.1515/efz60f84

Keywords:

Implementasi; pendidikan karakter jujur; cerita Nabi Muhammad SAW

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui perencanaan dan implementasi guru dalam membangun karakter “Jujur” pada masa pandemi covid-19 untuk anak usia dini di RA Nurul Falah Desa Mlati Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan Melalui cerita Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan. Penelitan ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berbentuk diskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Perencanaan implementasi pendidikan karakter “Jujur” melalui cerita Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan: a) Membuat RPPH dan disusun secara lengkap, b) Memahami RPPH dan performance, c) RPPH merupakan perencanaan yang dibuat agar mencapai tujuan. Perencanaan bisa berubah menyesuaikan keadaan anak dengan memodivikasi RPPH yang sudah dibuat; dan 2) Implementasi guru dalam membangun karakter “Jujur” anak usia dini melalui cerita Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan: a) Metode pembelajaran diintegrasikan melalui pembiasaan, role model, melalui kegiatan-kegiatan sehari-hari, b) Menggunakan penerapan metode pembiasaan dan keteladanan kepada anak-anak didik.

Downloads

Published

2022-06-06

How to Cite

Dwiantari, W. P. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter “Jujur” pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Anak Usia Dini melalui Cerita Nabi Muhammad SAW Sebagai Suri Tauladan di RA Nurul Falah Desa Mlati Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan. JURNAL SENTRA: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 10-16. https://doi.org/10.1515/efz60f84